Selasa, 10 Oktober 2023

Miguel Oliveira Bisa Tinggalkan RNF Aprilia demi Repsol Honda: Pengganti Marc Marquez yang Tepat?

infonyamotogp |  Repsol Honda pusing tujuh keliling mencari pengganti Marc Marquez, yang pergi dari skuad mereka akhir musim nanti. Penggantinya di MotoGP 2024 tak bisa sembarangan, melainkan harus yang berpengalaman. Miguel Oliveira pun jadi satu dari lima rider yang dikait-kaitkan dengan Repsol Honda.

Bersama Maverick Vinales, Johann Zarco, Fabio di Giannantonio, Jake Dixon, dan Iker Lecuona, nama Oliveira mendadak muncul dalam daftar rider incaran Honda Racing Corporation (HRC). Uniknya lagi, Oliveira merupakan salah satu dari dua opsi yang paling cukup masuk akal untuk skenario ini.

Zarco menjadi opsi yang cukup kuat karena ia sangat berpengalaman dan sudah tanda tangan kontrak dua musim dengan HRC. Namun, pembalap Prancis itu akan diletakkan di LCR Honda Castrol, dan sang bos tim, Lucio Cecchinello, sudah menegaskan Zarco takkan dialihkan ke Repsol Honda. Idncash

Klausul Krusial dalam Kontrak Miguel Oliveira

Meski masih terikat kontrak dengan Aprilia Racing sampai akhir 2024 seperti halnya Vinales, Oliveira menjadi opsi yang lebih logis bagi Repsol Honda. Pasalnya, menurut laporan Autosport pada Selasa (10/10/2023), kontrak Oliveira dengan Aprilia lebih mudah untuk diputus lebih awal.

Seperti yang diketahui, Oliveira sedang membela CryptoDATA RNF meski terikat kontrak langsung dengan Aprilia Racing. Mengingat ia membela tim satelit, kemungkinan ada klausul dalam kontraknya yang bakal mengizinkannya untuk hengkang jika mendapatkan tawaran dari tim pabrikan.

"Oliveira harus menegosiasikan kesepakatan hengkang dengan Aprilia untuk 2024, karena ia tanda tangan kontrak dua tahun demi membela RNF musim ini. Meski Aprilia membayar gajinya, ada klausul hengkang dalam kontrak Oliveira yang menyatakan ia bisa pergi jika sebuah tim pabrikan menawarkan kursi padanya," tulis Autosport.

Langkah Alex Rins Jadi Contoh Nyata

Situasi Oliveira sama sekali bukan hal baru di MotoGP, bahkan sudah terjadi musim ini. Alex Rins, yang menandatangani kontrak dua musim dengan HRC demi LCR Honda Castrol yang berstatus tim satelit, telah resmi bakal pindah ke Monster Energy Yamaha, yang berstatus tim pabrikan, musim depan.

Ini terwujud karena kontrak Rins dengan HRC memiliki klausul yang mengizinkan rider Spanyol itu hengkang lebih awal dari durasi kontrak jika ia mendapatkan tawaran dari sebuah tim pabrikan. Alhasil, Rins pun akan bertandem dengan Fabio Quartararo pada 2024.

Oliveira dikabarkan bikin HRC terkesan usai jadi salah satu andalan KTM pada 2019-2022, dan tetap kompetitif bersama Aprilia meski kerap dapat kesialan yang terjadi bukan karena kesalahan sendiri. Perlu diingat pula, Oliveira berasal dari Portugal, salah satu pasar besar bagi Repsol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Joan Mir Sangat Percaya Diri Menyambut MotoGP 2024

infonyamotogp | Pembalap Repsol Honda, Joan Mir, menegaskan bahwa dirinya kini lebih percaya diri jelang mengarungi MotoGP 2024. Sebab, Hon...